Waspadai Cuaca Ekstrim

BOGORnews— Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Stasiun Dramaga, Bogor mengimbau masyarakat untuk mewaspadai ancaman angin kencang, angin putting beliung, banjir dan longsor akibat cuaca ekstrim (berubah-ubah) yang diperkirakan akan terus terjadi hingga Oktober mendatang.
Cuaca ekstrim biasa terjadi pada saat musim pancaroba seperti sekarang, yakni dari musim kemarau ke penghujan. Kondisi ini diperkirakan akan terus terjadi hingga Oktober mendatang.

“Jadi kalau saat ini curah hujan yang terjadi mulai tinggi itu karena sebagian besar wilayah di Indonesia khusunya Jabodetabek dan Jawa Barat sudah mulai memasuki musim pancaroba dari kemarau ke musim penghujan,” kata Agus Heru, Kepala Bagian Humas BMKG, Stasiun Darmaga Bogor, Senin (27/9/2010)

Curah hujan yang terjadi beberapa hari terakhir ini diakibatkan adanya pengaruh badai La Nina yang terjadi di wilayah Pasifik tengah yang terus bergerak ke wilayah barat termasuk perairan laut Indonesia.

“Pengaruh badai La Nina itu telah mengakibatkan sejumlah wilayah di Indonesia yang seharusnya pada bulan Juli-Agustus lalu mengalalami musim kemarau ternyata masih banyak mendapat curah hujan,” terangnya.

Perubahan musim (pancaroba) yang terjadi saat ini dapat ditandai dengan kondisi curah hujan yang cenderung berubah-ubah dan tidak menentu.

Pada kondisi ini biasanya hujan yang turun memiliki intensitas tinggi, berdurasi singkat, disertai angin kencang, kilat dan petir. “Kalau untuk angin putting beliung itu biasanya hanya akan terjadi secara lokal dan di Bogor sendiri memang berpotensi,” ungkapnya.

Selain masyarakat diibau harus mewaspadai angin kencang dan angin puting beliung, curah hujan dengan intensitas tinggi yang diperkirakan akan terus terjadi hingga beberapa pekan mendatang ternyata juga berpotensi mengakibatkan longsor dan banjir.

“Saat ini kondisi tanah di Bogor sudah cukup jenuh akibat pengaruh ‘gagal kemarau’ yang terjadi pada tahun ini. Sehingga pada saat hujan lebat turun akan berpotensi terjadi banjir dan longsor,” kata dia.(red)

BY: ISO

Source: Bogornews.com

Link: http://www.bogornews.com/mod.php?mod=breaking&op=viewarticle&artid=1803

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: