Kesadaran Pengunjung KRB (Kebun Raya Bogor) Kurang

Bogor – Pihak Kebun Raya Bogor (KRB) berkomitmen untuk giat dalam mengkampanyekan isu lingkungan, terutama soal kebersihan di dalam KRB. Seperti diketahui, peran KRB yang lebih dijadikan sebagai wahana rekreasi masyarakat, menjadikan KRB dipadati puluhan ribu pengunjung dari berbagai daerah. Alhasil, karena kesadaran akan menjaga lingkungan masih minim, lingkungan KRB kerap diwarnai dengan tumpukan sampah dari sisa kemasan makanan dan minuman yang dibawa pengujung.

Kendati awalnya fungsi KRB adalah sebagai lahan konservasi tumbuhan, pusat penelitian dan lembaga pendidikan lingkungan. Namun seiring waktu, pesona KRB mampu menarik lebih dari lima puluh ribu pengunjung setiap bulannya, baik dari Kota Bogor sendiri, maupun daerah lain di Indonesia. Bahkan, turis dari mancanegarapun datang beramai-ramai ke KRB untuk sekedar menghabiskan waktu bersama keluarga.

“Ya, kami akui memang banyak sampah yang menumpuk di lingkungan KRB. Hal tersebut merupakan efek dari minimnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya. Padahal, di dalam KRB disediakan banyak sekali tempat sampah,” papar Humas KRB, Kapat Yuriawan, kemarin.

Bahkan, dengan alasan menekan jumlah pengunjung yang datang untuk berekreasi ke KRB, tarif masuk KRB dinaikan menjadi Rp 9.500 per-orang sejak tahun 2007 lalu melalui Peraturan Pemerintah No. 75 Tahun 2007 tentang jenis dan tarif atas jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). “Meski tarif masuknya cukup mahal, namun wisatawan tidak kunjung surut,” kata Kapat.

Kapat mengaku, pihaknya sudah sejak tahun 1990-an gencar mengkampanyekan lingkungan dengan melibatkan sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di bidang lingkungan hidup. “Dalam waktu dekat kami akan lebih menggenacarkan lagi kampanye lingkungan dengan mengajak berbagai pihak untuk turut berpartisipasi,” tandas Kapat.

Source: Bogor.net, http://www.bogor.net/index.php?option=com_content&view=article&id=3481:kesadaran-pengunjung-krb-kurang&catid=42:seputar-bogor&Itemid=60

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: