Gerakan Cinta Tanah Air Dicanangkan di Bogor

By iso
Selasa, 17-Agustus-2010
Sambil menyelam minum air. Istilah ini kiranya tepat dengan aksi yang dilakukan Pemerintah Kota Bogor. Sambil memperingati hari Kemerdekaan RI ke-65 yang tepat pada hari ini, Pemerintah Kota Bogor juga mencanangkan Gerakan Cinta Tanah Air atau disingkat GENTA.
Gerakan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk menanamkan dan memperkuat rasa hormat, bangga dan memiliki serta mencintai bangsa dan negara ini pada setiap warganya. Gerakan ini merupakan sebuah amanat dari UU No. 24 Tahun 2009 tentang bendera, bahasa, lagu kebangsaan dan lambang negara.

“Melalui gerakan ini diharapkan setiap warga negara akan merasa bangga dan terhormat atas jati dirinya sebagai bangsa Indonesia. Sehingga ia bisa lebih mencintai bangsa dan negaranya sendiri,” ujar Walikota Bogor Diani Budiarto saat mencanangkan Genta dalam peringatan HUT RI di Lapangan Sempur, Bogor, Selasa (17/8/2010).

Diani menyatakan bahwa semua rasa di atas itulah yang akan membangkitkan semangat dan kekuatan pada diri setiap warga negara untuk berbuat yang terbaik demi kemajuan, kehormatan dan kejayaan bangsa dan negara Indonesia. Diani pun berharap agar gerakan ini didukung oleh semua warga negara.

Dengan tujuan yang sama, Pemerintah Kota Bogor juga mencanangkan Sekolah Berbasis Wawasan Kebangsaan.

Diani berharap sekolah yang berbasis wawasan kebangsaan dapat menjadi tempat menempa para remaja sebagai generasi penerus bangsa agar memiliki wawasan kebangsaan yang kuat.

Berikut ini adalah sekolah-sekolah di Kota Bogor yang terpilih sebagai Sekolah Berbasis Wawasan Kebangsaan. Ada 9 sekolah, masing-masing 3 Sekolah menengah Pertama, 3 Sekolah Menengah Atas dan 3 Sekolah Menengah Kejuruan.

Sekolah Menengah Pertama yang dipilih adalah SMP Negeri 1 Bogor, SMP Negeri 4 Bogor dan SMP Taruna Andika. Sekolah Menengah Atas yang terpilih adalah SMA Negeri 1 Bogor, SMA Negeri 2 Bogor, dan SMA Kosgoro, dan Sekolah Menengah Kejuruan yang terpilih adalah SMK Negeri 1 Bogor, SMK Negeri 2 Bogor dan SMK Wikrama Bogor.

“Semoga para remaja menyadari dirinya sebagai bagian dari bangsa yang berar, bangsa yang kuat yang dapat maju terus untuk menjadi bangsa yang berwibawa dan bermartabat,” harap Diani. (iso)

By:ISO

Source :bogornews.com, http://www.bogornews.com/mod.php?mod=pendidikan&op=viewarticle&artid=450

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: