Bogor Menuju Kota Zakat

Piagam Deklarasi Bogor menuju Kota Zakat ditantangani oleh 34 orang antara lain ditandatangani Walikota Bogor Diani Budiarto, Ketua DPRD Mufti Faoqi, dan jajaran Muspida Kota Bogor lainnya.

Selain itu turut menandatangani Sekretaris Daerah Kota Bogor Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Bogor H. Muchtar, unsur MUI, dari ormas Islam yaitu Nahdhatul Ulama (NU) Muhammadiyah, unsur DMI (Dewan Masjid Indonesia), BKPMRI (Badan Kontak Pemuda, Remaja Masjid), dan Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) dan unsur masyarakat muslim Kota Bogor lainnya.

Isi dari deklarasi itu antara lain menjadikan zakat, infak dan shodaqoh sebagai kebutuhan hidup, menjadikan zakat, infak dan shodakoh sebagai gaya hidup, dan konsisten memenuhi kewajiban untuk membayar zakat.

Ketua BAZ Kota Bogor Endang Oman mengatakan, deklarasi Bogor menuju Kota Bogor bertujuan sebagai percepatan untuk menggali zakat sehingga kekuatan zakat akan lebih besar untuk menangani beragam persoalan umat Islam di Kota Bogor. “Kita berkeyakinan dengan dana zakat akan mampu mengatasi berbagai persoalan sosial umat Islam, “katanya.

Pada kesempatan tersebut BAZ Kota Bogor menyerahkan anugrah zakat tahun 2009-2010 kepada enam pembayar zakat (muzzaqi) yang memiliki kontribusi besar terhadap penyaluran zakat melalui BAZ Kota Bogor. Untuk muzzaqi BUMD penghargaan diterima PDAM Tirta Pakuan sebagai pembayar zakat terbanyak mencapai sebesar Rp431,52 juta. Pembayar zakat terbesar Perusahaan Rumah Sakit Azra sebesar Rp5 juta.

Penghargaan juga diterima organisasi kelompok UPZ (Pengumpul Zakat) Masjid Raya Bogor yang mampu mengumpulkan zakat sebesar Rp 274,45 juta. Sementara UPZ Sekolah penghargaan diterima oleh Sekolah Alam Bogor berhasil mengumpulkan zakat sebesar Rp31,45 juta. Untuk Dinas, penghargaan diraih Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) berhasil mengumpulkan zakat sebesar Rp127,21 juta.

Usai menerima penghargaan Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor menyerahkan dana zakat perusahaannya untuk tahun ini kepada Ketua BAZ Kota Bogor Endang Oman. Zakat yang diserahkan PDAM Tirta Pakuan sebesar Rp431 juta.

Dalam acara tersebut juga ditandatangani MoU (Memorandum Of Understanding) BAZ Kota Bogor dengan Baznas. “MoU yang ditandatangai antara lain mengatur kerjasama sama program BAZ Kota Bogor dengan Baznas, “ jelas Ketua BAZ Endang Oman.(iso)

Source:(Bogornews) (http://www.bogornews.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=2598)

By: ISO

Date: Minggu, 08-Agustus-2010, 07:49:10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: